Ramadhan Diprediksi Seragam

Marhaban Ya Ramadhan... Untuk yang moslem sebentar lagi akan menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan dan diteruskan dengan ibadah Idul Fitri. Kali ini penulis menyoroti tentang fonemena perbedaan penentuan awal puasa antar ormas atau organisasi islam. Memang pada beberapa tahun yang lalu terdapat perbedaan penentuan awal puasa, hal ini disebabkan prinsip-prinsip ilmu yang mereka anut memang berbeda yang di dasarkan pada jatuhnya peredaran bulan dan bumi. Memang secara pasti Ilmu penetapan mengandung misteri yang perlu di ungkapan namu semua itu kembali kepada Allah yang maha menetapkan segalanya supaya kita semua bisa belajar.
Namun seperti yang di tulis pada harian Jawa Pos terbitan kamis, 20 Agustus 2009 bahwa untuk tahun ini penetapan awal puasa akan seragam berikut petikan dari surat kabar tersebut :
Jakarta-Penetapan awal Ramadhan 1430 H diprediksi bakal berlangsung seragam, yakni pada sabtu, 22 Agustus 2009. Itu merujuk pada hasil perkiraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang mengatakan bahwa hari ini (20/8) posisi hilal (bulan) masih ada di bawah ufuk. "karena itu, penghitungan digenapkan pada 22 Agustus. Kondisi ini berlaku sama di seluruh penjuru Globe," terang Kepala Pusat Pemanfaatan Sains dan Iklim Lapan Thomas Djamaluddin di jakarta kemarin (19/8). Menurut Thomas, alasan lain yang memperkuat prediksi itu adalah posisi ketinggian bulan diperkirakan lebih dari 2 derajat. Perbedaan penetapan awal Ramadhan oleh ormas islam di Indonesia, kata dia, berpotensi terjadi jika posisi hilal kurang dari 2 derajat, Nahdhatul Ulama (NU), sambung Thomas, menetapkan awal Ramadhan pada 2 derajat, sedangkan Muhammadiyah setara dengan 0 derajat. "dengan demikian, diantara keduanya sering ada perhitungan yang berbeda, "tegasnya... Demikian sebagian bunyi surat kabar tersebut, semoga Pemerintah dapat segera memutuskan hari awal Puasa secepatnya dan dapat menyikapi dengan bijaksana. akhir kata Wallhualam Bisowaff... Hanya Allah Yang Maha Tahu, kita sebagai umatnya hanya bisa berusaha dengan Ilmu yang di anugerahkan. Untuk Yang Muslim Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1430 H, Mari Kita Tingkatkan Keimanan Kita di Bulan ini agar kita tidak menjadi yang merugi. Amin ya Robbal Alamin..

No comments :

Post a Comment

untuk mengisi coment :
- ketik komentar anda di kotak/jendela yang telah ada.
- Di "Coment as :" klik tanda panah dan pilih profile :
- Google account untuk yang mempunyai account/Id di
google
- Open ID untuk yang Mempunyai ID khusus
- Name/Url untuk yang hanya ingin mengisi nama dan
atau link Url(bisa diisi salah satu)
- Anonymous bagi yang tidak mau mencantumkan nama
(tidak disarankan)